BLOGGER TEMPLATES - TWITTER BACKGROUNDS
Myspace Cursors @ JellyMuffin.comMyspace Layouts & cursors

Kamis, 21 Februari 2008

mengenal hardware

Article

Mengenal Hardware dan Topologi Jaringan

Sejak memasyarakatnya Internet dan dipasarkannya sistem operasi Windows95 oleh Microsoft, menghubungkan beberapa komputer baik komputer pribadi (PC) maupun server dengan sebuah jaringan dari jenis LAN (Local Area Network) sampai WAN (Wide Area Network) menjadi sebuah hal yang biasa. Demikian pula dengan konsep “downsizing” maupun “lightsizing” yang bertujuan menekan anggaran belanja khususnya peralatan komputer, maka sebuah jaringan merupakan satu hal yang sangat diperlukan. Dalam makalah ini akan dibahas sebagian komponen yang diperlukan untuk membuat sebuah jaringan komputer.

Konsep jaringan komputer lahir pada tahun 1940-an di Amerika dari sebuah proyek pengembangan komputer MODEL I di laboratorium Bell dan group riset Harvard University yang dipimpin profesor H. Aiken. Pada mulanya proyek tersebut hanyalah ingin memanfaatkan sebuah perangkat komputer yang harus dipakai bersama. Untuk mengerjakan beberapa proses tanpa banyak membuang waktu kosong dibuatlah proses beruntun (Batch Processing), sehingga beberapa program bisa dijalankan dalam sebuah komputer dengan dengan kaidah antrian.

Ditahun 1950-an ketika jenis komputer mulai membesar sampai terciptanya super komputer, maka sebuah komputer mesti melayani beberapa terminal. Untuk itu ditemukan konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang dikenal dengan nama TSS (Time Sharing System), maka untuk pertama kali bentuk jaringan (network) komputer diaplikasikan. Pada sistem TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host komputer. Dalam proses TSS mulai nampak perpaduan teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang pada awalnya berkembang sendiri-sendiri.

DOWNLOAD ARTIKEL LENGKAP (PDF):
  1. harry-jaringan.zip
DOWNLOAD SOFTWARE PENDUKUNG:
  1. Acrobat PDF Reader
  2. Download Full ArchiCAD Free Student & Teacher Version in your language with Tutorials!
  3. Multimedia Hardware Find Solutions for your Business. Free Reports, Info & Registration!
ARTIKEL LAIN YANG BERHUBUNGAN:
  1. Mengenal Social Engineering
  2. Pengantar MPLS
  3. Teknologi Jaringan Komputer
  4. Tutorial Komputer dan Jaringan
  5. Bekerja dengan Printer di SUSE
  6. Tutorial Merakit PC
  7. Mengkonfigurasi DHCP Server
  8. Mengenal Virus Komputer
  9. Trik agar win XP home join ke domain server
  10. Teknik Konfigurasi LAN di Windows

Read More......

0 komentar: